Press Release: Pernyataan Laskar Pacantel Budi Setiawan dan Rizal Firdaus | Jumat, 28 Juni 2013

Assalamualaikum Wr. Wb. Salam Sejahtera Untuk Semua. Sampurasun!

Berkaitan dengan pelaksanaan Pemilihan Walikota (Pilwalkot) Bandung Tahun 2013, bersama dengan ini kami ucapkan terimakasih kepada seluruh warga Kota Bandung, khususnya kepada Masyarakat Pendukung Budi “Dalton” Setiawan dan Rizal Firdaus (MADU) serta para Laskar Pacantel. Mohon maaf apabila selama masa pencalonan, sosialisasi, kampanye, serta pemilihan ada kekurangan dan kesalahan yang tidak berkenan di hati rekan-rekan sekalian.

Terkait dengan keseluruhan rangkaian proses Pilwalkot Bandung Tahun 2013, kami menyampaikan beberapa pernyataan sebagai berikut ini:

  1. Sejak masa pencalonan, verifikasi, sosialisasi, kampanye, sampai dengan saat pemilihan ada banyak pelanggaran dan indikasi penyelewengan yang dilakukan oleh pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung yang merugikan pasangan Budi Setiawan dan Rizal Firdaus. Kami beberapa kali melayangkan keberatan terhadap KPU Kota Bandung dan mengadukan secara resmi kepada pihak Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Bandung, namun tidak mendapatkan tanggapan yang sebagaimana mestinya.
  2. Selama masa sosialisasi, kampanye, serta proses pemilihan kami menemukan ada banyak indikasi pelanggaran, penyelewengan, serta manipulasi yang dilakukan oleh beberapa kontestan Pilwalkot Bandung Tahun 2013, namun tidak ditindaklanjuti oleh pihak KPU Kota Bandung dan Panwaslu Kota Bandung.
  3. Berdasarkan pertimbangan di atas, dengan ini kami secara resmi menolak hasil Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara KPU Bandung yang disampaikan pada hari Jumat, 28 Juni 2013, akibat dari keseluruhan proses pelaksanaan Pilwalkot Bandung Tahun 2013 yang tidak profesional dan tidak memiliki integritas sehingga mencederai proses demokrasi di Kota Bandung.
  4. Akibat dari proses pelaksanaan Pilwalkot Bandung Tahun 2013 yang tidak profesional dan tidak memiliki integritas, telah terjadi ketidakpercayaan publik (public distrust) yang kemudian menyebabkan keengganan sebagian warga Kota Bandung yang memiliki hak pilih untuk terlibat secara langsung dalam proses pemilihan dalam Pilwalkot Bandung Tahun 2013.
  5. Bersamaan dengan ini kami mengajak seluruh elemen warga Kota Bandung untuk terus memperjuangkan substansi demokrasi dan masa depan Kota Bandung secara bersama-sama. Cantelkeun raga, cantelkeun rasa, salam pacantel!

Demikian pernyataan resmi dari kami. Adapun sikap ini adalah cermin dari kecintaan kami terhadap Kota Bandung, serta keinginan kami untuk memperjuangkan substansi demokrasi dan masa depan Kota Bandung secara bersama-sama.

Wassalamualaikum Wr. Wb. Salam Sejahtera Untuk Semua. Sampurasun. Salam Pacantel!!!

Laskar Pacantel Budi Setiawan dan Rizal Firdaus
Sekertariat Laskar Pacantel
Jl. Reog No. 57
Bandung 40264

One thought on “Press Release: Pernyataan Laskar Pacantel Budi Setiawan dan Rizal Firdaus | Jumat, 28 Juni 2013

Leave a comment